Jaringan
komputer berdasarkan koneksi :
1.
Broadcast Links (multipoint), yaitu jaringan yang menggambarkan bahwa sebuah
komputer terhubung secara broadcast atau terkoneksi ke seluruh host yang ada
dalam jaringan tersebut.
2.
Point to Point Links, yaitu jaringan yang menggambarkan bahwa sebuah host
terkoneksi secara fisik dan logic pada salah satu host dalam jaringan.
Jaringan
komputer berdasarkan skala :
1. LAN ( Local Area Network )
Local Area
Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau
kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
LAN seringkali
digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam
kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya,
printer, scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis
jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi
dan topologinya.
LAN mempunyai
ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan
terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui
keterbatasnnya, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain
tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan.
LAN seringkali
menggunakan teknologih transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada
kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik) dengan delay rendah (puluhan mikro second)
dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada
kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.
2. MAN ( Metropolitan Area Network )
Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan
versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama
dengan LAN. MAN dapat mencakup
kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan
pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mamapu menunjang data dan suara, dan
bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki
sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang
berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel. Adanya elemen
switching membuat rancangan menjadi
lebih sederhana.
3. WAN ( Wide
Area Network )
Wide Area
Network (WAN) mencakup daerah geografis
yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua. WAN terdiri dari
kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi.
4. Internet
Sebenarnya
terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras
dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering
berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan
lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang
seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini
diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan
melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat
lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan
internet.
Jaringan komputer berdasarkan topologi :
Topologi pada
dasarnya adalah peta dari sebuah jaringan. Topologi jaringan terbagi lagi menjadi
dua, yaitu topologi secara fisik (physical topology) dan topologi secaralogika (logical topology). Topologi secara fisik menjelaskan bagaimana susunan dari
kabel dan komputer dan lokasi
dari semua komponen jaringan. Sedangkan topologisecara logika menetapkan bagaimana
informasi atau aliran data dalam jaringan.
Kabel atau koneksi dalam physical topology seringkali
mengenai media jaringan (atau media fisik). Memilih bagaimana
komputer-komputer akan dihubungkan dalam suatu jaringan sangat penting
(terlebih lagi dalam jaringan perusahaan). Pemilihan topologiyang salah akan membuat
sangat sulit untuk membenarkannya, karena hal tersebut tentu saja
merugikan. Sangat penting untuk memilih bagaimana topologi yang tepat untuk jaringan yang
akan digunakan. Biasanya suatu organisasi atau perusahaan merubah susunan fisik dan media fisik jaringannya sekali dalam
sepuluh tahun. Jadi sangat penting untuk memilih konfigurasi yang tepat.
Jaringan komputer berdasarkan protocol :
FDDI ( Fiber
Distributed-Data Interface )
FDDI merupakan standar komunikasi data dengan menggunakan fiber optic yang panjangnya sampai dengan 200 km. Protokol FDDI berbasis pada protokol Token Ring yang terdiri dari dua Token Ring, yang satu ring berfungsi sebagai ring backup jika seandainya ada ring dari dua ring tersebut yang putus atau saat mengalami masalah kegagalan dalam bekerja. Pada sebuah ring FDDI memiliki kecepatan 100 Mbps.
Token Ring
Token Ring merupakan cara akses
pada jaringan yang berbasis teknologi ring (gelang), token ring memiliki
kemampuan dalam pengiriman data dengan kecepatan 4Mbps dan kemudian meningkat
menjadi 16Mbps.
Peralatan jaringan secara fisik
dengan token ring terhubung dalam konfigurasi Topologi Ring dimana data akan
dilewatkan dari peralatan satu ke peralatan yang lain secara berurutan.
Ethernet
Ethernet merupakan jenis skenario dalam perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer. Ethernet menggunakan beberapa metode untuk melakukan enkapsulasi paket data menjadi Ethernet frame, yakni sebagai berikut:
- Ethernet II (digunakan untuk TCP/IP, dijelaskan pada pengertian internet menggunakan standar Internet Protocol Suite TCP/IP)
- Ethernet 802.3 (digunakan untuk berkomunikasi dengan Novell NetWare versi 3.11 dan versi sebelumnya)
- Ethernet 802.2 (digunakan untuk konektivitas dengan Novell NetWare 3.12 dan versi selanjutnya)
- Ethernet SNAP (digunakan sebagai kompatibilitas dengan sistem Macintosh yang menjalankan TCP/IP)
Setiap format frame Ethernet di
atas tidak saling cocok/kompatibel satu dengan lainnya sehingga cukup
menyulitkan dalam instalasi jaringan yang bersifat heterogen. Untuk mengatasi
masalah tersebut maka lakukan konfigurasi terhadap protokol yang digunakan
melalui sistem operasi.
Jaringan komputer berdasarkan arsitektur :
Client/Server
Server (back
end) adalah penyedia layanan yang menyediakan akses ke sumber daya jaringan
sedangakan client (front end)adalah komputer yang meminta layanan dari server
Client/Server
yaitu jaringan komunikasi data yang terdiri dari banyak client dan satu atau
lebih server.
Keuntungan client-server
ialah:
a.
Penyimpanan data yang terpusat memberikan kemudahan untuk
pengelolaan dan backup data,
b.
Penggunaan spesifikasi server yang optimal mempercepat
proses komunikasi di jaringan,
c.
Kemudahan mengatur user dan sharing peralatan mahal,
d.
Keamanan
lebih terjamin.
Kerugian client-server:
a.
Biaya
pembelian hardware dan software server,
b. Dibutuhkan administrator jaringan.
Peer-to-Peer
Jaringan peer
to peer adalah sebuah workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai
client dan server sekaligus.
Keuntungan peer-to-peer:
a.
Tidak
ada biaya tambahan untuk pembelian hardware dan software server.
b.
Tidak
diperlukan administrator jaringan.
Kerugian peer-to-peer:
a.
Sharing
sumber daya membebani proses di komputer yang bersangkutan.
b.
Keamanan
tidak terjamin.
Hybrid
Hybrid adalah
menggabungkan keuntungan jaringan client/server dan peer-to-peer dimana user
dapat mengakses sumber daya yang di-share oleh jaringan peer-to-peer, dan
secara bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar